Monday, January 19, 2015


Thranduil ialah Raja Peri Mirkwood, ayah dari Legolas dan Putera Oropher. Dia merupakan salah satu keturunan dari Peri Sindar meskipun rakyatnya kebanyakan peri silvan atau peri hutan. Dia diperkirakan lahir di Doriath pada zaman pertama. Setelah kejatuhan Doriath dan Zaman pertama berakhir. Thranduil dan ayahnya Oropher ikut bersama para peri lainnya pindah ke wilayah timur karena Beleriand telah hancur akibat peperangan. Ia dan Oropher tinggal di Lindon kerajaan Gil-galad. Thranduil pindah dari Lindon menuju wilayah timur Anduin pada tahun 1000 zaman kedua. Pada waktu itu, dia pergi ke sebuah hutan lebat di sebelah timur Anduin yang dikenal dengan Greenwood the Great.

Menurut beberapa cerita, Thranduil mendirikan kerajaan Peri Hutan di Greenwood; sementara sumber lain mengatakan Oropher ayahnya yang mendirikan kerajaan itu. Thranduil dan Oropher ikut serta dalam Pertempuran Persekutuan Terakhir untuk mengalahkan Sauron .Oropher terbunuh dalam pertempuran tersebut. Pada tahun 3441 zaman kedua, Thranduil menarik mundur pasukannya ke Greenwood. Sekitaran tahun 1050 zaman ketiga, Greenwood diselimuti oleh bayang kegelapan dan semenjak itu berganti nama menjadi Mirkwood, Hutan Suram. Laba-laba Raksasa dan makhluk keji lainnya datang mendiami Mirkwood setelah kejatuhan bayang-bayang dan di Dol-Guldur sebuah benteng di dirikan oleh sebuah kekuatan jahat yang nantinya diketahui sebagi Sauron.

Karena kejatuhan bayang-bayang dan kedatangan Laba-laba raksasa, Thranduil dan rakyatnya pindah ke wilayah timurlaut Mirkwood dan disana dia membangun Aula kerajaanya di dalam gua bawah tanah. Meskipun dibayangi oleh kehadiran kekuatan kegelapan, Peri Hutan Mirkwood masih mencintai hutan itu. Pada musim gugur, Raja Thranduil mengenakan mahkota yang dirangkai dari daun dan buah beri merah, sementara pada musim panas dirangkai dari bunga-bunga hutan. Dia dan rakyatnya suka berburu dan berpesta di antara pohon-pohon Mirkwood.

Pada tahun 2941, Thranduil yang tengah berpesta bersama rakyatnya di dalam hutan diganggu oleh kehadiran Rombongan Kurcaci dan seorang Hobbit. Para peri memindahkan tempat pesta mereka tetapi rombongan tersebut tetap mengikuti mereka. Akhirnya, mereka menangkap kepala rombongan tersebut, Thorin Oakenshield dan membawanya ke hadapan raja. Thorin ditawan karena dia tidak mau mengatakan apa yang dia lakukan di hutan Mirkwood dan pedang Orcrist direbut dari tangannya. Tak lama setelah penangkapan Thorin, dua belas kurcaci lainnya juga ditangkap dan dipenjarakan di ruang bawah tanah Mirkwood. Akan tetapi, Bilbo Baggins berhasil lolos karena menggunakan Cincin Utama dan dia berhasil membebaskan ketigabelas kurcaci dengan mengendarai tong di Forest River dan terdampar di Lake-town.

Berita kematian Naga Smaug datang ke Thranduil dari burung-burung hutan dan Peri yang dia suruh mengejar rombongan kurcaci yang kabur. Dia bersama sekelompok pasukan datang ke Lonely Mountain merebut kembali permata Kaum Peri. Di jalan dia bertemu dengan utusan Bard dari Lake-town dan membantu manusia Lake-town yang kotanya telah diluluhlantakkan oleh Smaug. Thranduil dan para peri memberi mereka makanan dan membantu mereka mendirikan tempat berlindung. Lalu, Thranduil dan Bard memimpin Pasukan Peri menuju kaki Lonely Mountain, di sana mereka terkejut mendapat Thorin dan rombongannya masih hidup.

Thorin menolak permintaan Bard atas pembagian harta karun Lonely Mountain dan dia juga tidak senang akan kedatangan Thranduil yang telah mempenjarakannya. Dia meminta bantuan pada sepupunya Dain Ironfoot dan bersiap-siap untuk berperang. Menyadari kekuatan mereka tidak seimbang dengan Pasukan Peri, Bilbo membawa Arkenstone pada Thranduil dan Bard menjadikannya untuk berunding dengan Thorin agar pertempuran bisa dicegah.
Thorin sepakat memberikan seperempatbelas harta karun Erebor sebagai tukaran dari Arkenstone. Sebelum pertukaran terjadi, pasukan Dain sampai di Erebor. Thranduil yang enggan mencetuskan perang hanya demi permata mulai memerintahkan pasukannya mundur. Pada saat yang sama, Orc dan Warg dari Misty mountain datang menyerang Erebor sehingga meletuslah Pertempuran Lima Pasukan. Pasukan Thranduil diarahkan untuk menghadapi Orc di wilayah selatan Gunung. Banyak Peri, manusia dan kurcaci yang gugur dalam pertempuran itu hingga bantuan datang dari Elang Raksasa. Akhirnya, pertempuran berhasil dimenangkan.

Setelah pertempuran usai, Thranduil meletakkan Pedang Orcrist di atas pusara Thorin sebagai penghormatan. Thranduil menerima Berlian Girion dari Bard dan kalung permata perak dari Bilbo yang merupakan simpanan dari harta karun Erebor. 

Pada tanggal 21 Maret 3018 Zaman Ketiga, Aragorn datang membawa Gollum ke hadapan Thranduil di Mirkwood untuk dipenjarakan. Thranduil memerintahkan para perinya untuk menjaga ketat Gollum, namun karena merasa kasihan Para Peri membiarkan Gollum bermain sendiri dan diawasi dari jauh. Suatu malam, Gollum menolak turun dari pohon yang dipanjatnya dan serangan datang dari Orc sehingga Gollum berhasil kabur dari Mirkwood. Thranduil lalu mengirim puteranya, Legolas, ke Elrond di Rivendell untuk memberitakan berita kaburnya Gollum.

Pada masa Perang Cincin, Mirkwood mendapat serangan dari pasukan Sauron dan hutan itu dibakar. Tetapi, pasukan peri Thranduil berhasil memukul mundur pasukan yang datang dari Dol-guldur tersebut. Pada tanggal 6 April, Thranduil bertemu dengan Celeborn di tengah hutan bersama pasukan Lorien untuk menghancurkan Dol-guldur. Bayang kegelapan berhasil diusir dari Dol-Guldur dan wilayah itu kemudian diberi nama Eryn Lasgalen. Di hutan itu, Peri Silvan hidup dengan damai di bawah pimpinan Thranduil untuk masa yang cukup lama. Setelah menjalani hidupnya ribuan tahun di Middle-earth, Thranduil berlayar ke Valinor menuju tanah abadi.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

Komentar Terbaru

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers