Sunday, January 11, 2015

Babi

Merupakan dewa jahat bangsa Mesir kuno. Dewa diketahui disembah pada periode Mesir Tua (sekitar tahun 2700 SM). Babi dilukiskan sebagai dewa kejam yang kehadirannya sangat berbahaya ketika diadakannya upacara penimbangan amal di aula kebenaran. Dewa ini juga diangaap sebagai dewa kejantanan di dunia bawah. Dalam hubungannya dengan kejantanan, dewa diwujudkan dengan sosok memiliki penis yang erekasi. Dewa ini aktif dalam kegelapan, penisnya menjadi dayung perahu menyeberangi dunia bawah sekaligus pasak dari pintu surga.
Freyja

Freya merupakan dewi yang paling terkenal diantara jajaran dewa-dewi Asgard. Merupakan dewi Vanir, saudari kembar dari Freyr dan putera Njord. Freyja merupakan dewi asmara terkait dengan urusan hati, pernikahan, dan kesuburan. Dewi terkenal akan seringnya melakukan hubungan seksual dengan peri maupun dewa. Menurut kepercayaan, ia mengendarai kereta yang ditarik oleh dua ekor kucing membelah malam dalam wujud kambing betina. Ia juga menunggangi babi hutan berbulu emas, Hildeswin. Menurut beberapa legenda, separuh dari prajurit yang gugur di medan perang berkumpul di aula Freyja. Dewi ini mengunakan kalung Brisingamen dan bisa berubah wujud menjadi elang serta terbang dengan jarak jauh.
Ix Chel

Merupakan dewi bulan suka Maya. Selain itu ia juga merupakan dewi kelahiran, pengobatan, dan pelangi. Bangsa Indian Quiche menyembah Ix Chel sebagai dewi kesuburan dan dewi hubungan seksual. Ia merupakan pasangan dari dew matahari. Kuil utama dewi ini berada di Cozumel dan patungnya sering diletakkan di bawah ranjang wanita yang sedang melahirkan. Dewi ini juga disembah sebagai dewi penenun yang diyakini merupakan yang pertama kalinya menenun pakaian di bumi, dia mengerjakan tenunan ini ketika dia tertarik kepada dewa matahari. Di bawah pengaruh kristenisasi, dewi ini kemudian dihubungkan dengan Perawan Maria.
Macha

Macha ialah dewi kesuburan bangsa Keltik di Irlandia. Ia juga merupakan salah satu wujud dari Morrigan (dewi perang yang berhubungan dengan seksualitas), dewi ini merupakan pasangan dari Nemed dan Crunnchu. Dia juga dewi perang yang bisa mempengaruhi hasil peperangan dengan peralatan sihirnya. Dia bisa berubah wujud dari seorang gadis cantik hingga nenek sihir dan biasanya berpakaian merah. Dewi ini juga dikatakan memiliki rambut merah. Dia muncul kepada pahlawan Irlandia, Cu Chulainn, sebelum pertempuran Moytura dimana dia muncul sebagai gagak, pembawa kabar kematian.
Min

Min merupakan salah dewa penting bangsa mesir. Dia merupakan dewa kejantanan dalam pantheon Mesir. Dalam beberapa kisah, dia merukana putera dari Isis dan juga merupakan wujud Isis ketika berpasangan dengan Horus anak mereka. Min dilukiskan berwujud manusia mengenakan modius membawa dua plume dan gulungan pita. Fitur mencolok dari Min ialah ikonografi dari penis ereksinya sebagai wujud dari kejantanan. Binatang sucinya ialah lembu putih dan dia juga berkaitan denga wortel, bentuk yang mungkin mengingatkan akan phallus yang ereksi.
Menjelang akhir abad kedua, Min bersinkretasi dengan Horus sebagao Min-Horus. Min juga merupakan dewa penjaga tambang, dan kultus penyembahannya berpusat di Qift dan Akhim. Min diperingati sebagai salah satu ritual pengangkatan Firaun Mesir untuk menjamin daya kejantanan dan kesuburan Firaun baru. Festival ini digambarkan di reruntuhan Thebe dan berkaitan dengan Ramses II atau III. Pada masanya, Min sering diberikan persembahan berupa bunga dan wortel suci.
Quadesh

Quadesh adalah dewi kesuburan bangsa Semit Barat kemungkinan berasal dari Syria. Dia melambangkan seksualitas wanita dan erotisme di kuil Astarte. Di mesir, dewi ini diadopsi sebagai dewi kesuburan yang berkaitan dengan Hathor. Dia sering dilukiskan telanjang berdiri di atas punggung seekor singa. Salah satu upacar dalam kultus pemujaanya termasuk pola pernikahan suci yang dilakoni oleh pendeta wanita kuil dengan pendeta pria atau raja penguasa.
Adonis

Adonis yang merupakan dewa kesuburan Yunani diambil dari mitologi dewa pertanian Mesopotamia Dumuzi. Dia muncul dengan wujud pemuda belia. Sungai Adonis merupakan tempat sucinya. Dalam tradisi Yunani, ia merupakan putera dari raja Kypria dan ibunya adalah Myrrha. Menurut Hesiod, dia merupakan putra dari Phoenix dan Alphesiboea. Adonis merupakan kekasih dari Aphrodite. Menurut tradisi, dia terbunuh oleh babi hutan dan dihukum berada di dunia bawah selama 6 bulan tiap tahunnya, selama ia di dunia bawah bumi akan mengalami musim kemarau. Ia biasanya dilukiskan dengan wujud telanjang membawa lyra. Adonis juga dikenal dengan nama Attis di Phyrgia dan Atunis di Etrusca.
Cernunos

Cernunos merupakan dewa kesuburan, kejantanan, dan dunia bawah dalam kepercayaan bangsa Keltik utamanya Gallic. Dewa ini pertama kali muncul di wilayah Gaul, sekarang Prancis Tengah. Ia biasanya dilukiskan dengan wujud pria bertanduk rusa, meskipun bukan merupakan ruh penjaga binatang tetapi dewa ini berkaitan dengan penjagaan binatang dan bisa berubah jadi hewan. Dalam tradisi Keltik, tanduk merupakan simbol dari kejantanan dan kesuburan. Dalam sebuah catatan bangsa Keltik dari Denmark, Cernunnos ditemani oleh seekor babi hutan—binatang yang dihormati oleh kaum Kelt karena kecepatan, kebuasan, dan hubungan mereka dengan sihir. Selain itu, Cernunos juga ditemani oleh lembu.
Dagan 

Dewa gandum dan kesuburan kaum semitik barat (Kanaan dan Funisia). Dagon merupakan ayah dari Baal dalam epos penciptaan Ugarit. Sebuah kuil besar untuknya dibangun di Mari (Syria) dan dia juga dikenal di sebagian wilayah Mesopotamia sebagai kekasih dari Salas. Kultus pemujaannya umumnya berpusat di Gaza dan Asdod, di Palestina Dagan merupakan dewa tertinggi. Dalam kisah alkitabiah, ia dikenal dengan Dagon (Hakim-hakim 16:23). Selain itu, ia juga disebut dalam kitab-kitab Makkabi. Kultusnya diperkirakan berlangsung hingga tahun 150 SM.
Disani

Dewi merupakan dewi kesuburan dan ibu bumi serta dewi paling penting di Hindukush, Afghanistan. Menurut legenda, dia muncul dari dada kanan dewa pencipta, Imra. Cerita lain menuturkan, dewi ini muncul dari sebuah danau suci sebagai poho emas. Dia merupakan kekasih Imra dan dewa-dewa utama lainnya di pantheon Afghanistan. Disani memiliki seorang putera, Bagisht, yang dia peroleh ketika dia diperkosa oleh sesosok iblis. Disanai juga merupakan dewi pelipur kematian yang bertugas membawa orang-orang mati menuju Aula Ibu Agung. Dia muncul dengan wujud manusia bersenjata panah dan tempat anak panah, dengan air susu menetes dari payudaranya. Korban sering dipersembahkan untuknya dalam bentuk kambing, susu, mentega dan keju. Disani merupakan pelindung ikatan keluarga dan kesetiaan kerabat.
Dusara

Dusara disembah oleh bangsa Semitik Barat (Nabatea) sebagai dewa pertanian dan kesuburan. Kultusnya berpusat di wilayah Hauran dari tahun 312 SM hingga 500 M. Dia dianggap sebagai dewa tertinggi, sama dengan Baal, namun dewa ini tidak cukup populer dikalangan bangsa Nomaden Nabatea. Dia digambarkan dengan sebuah obelisk hitam di petra. Binatang sucinya ialah elang dan macan. Atribut dewa ini juga termasuk sulur anggur. Pada masa pengaruh Yunani, Dusara disamakan dengan Dionysos.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

Komentar Terbaru

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers