Monday, January 19, 2015


Sekitar tahun 500 pada Zaman Kedua, kekuatan Sauron kembali meningkat. Dia yakin bahwa Valar telah mengabaikan perkara di Middle-earth setelah kejatuhan Morgoth dan dia menyusun rencana untuk menaklukkan Middle-earth. Berbeda dengan Morgoth, Sauron tidak berniat untuk menghancurkan penduduk Middle-earth tetapi untuk menguasai dan mengendalikan mereka, dan cara ini lebih bijak dari tuannya dahulu.
Di wilayah timur jauh dan selatan, Sauron berhasil memperdaya banyak Manusia dan mengubah mereka menjadi jahat. Sauron merasa manusia bisa dijerat dengan mudah, tetapi dia gentar akan Manusia Numenor yang merupakan keturunan Manusia yang bergabung dengan pasukan peri melawan Morgoth pada Zaman Pertama. Numenorean mulai menjelajahi pesisir Middle-earth tetapi Sauron belum berani melawan mereka.
Sauron memilih Mordor menjadi kerajaanya pada tahun 1000. Wilayah itu dilingkupi oleh tiga rangkaian pegunungan. Di dalamnya, berdiri sebuah gunung api yang dikenal dengan nama Gunung Ajal dan Sauron berniat untuk menggunakan api panas gunung itu untuk menempa cincin utama. Di Mordor, Sauron membangun bentengnya, Barad-dur, Menara Kegelapan.
Untuk melancarkan rencananya menguasai Middle-earth, Sauron berniat untuk membujuk Kaum Peri untuk melayaninya karena kekuatan mereka sangat besar. Sekita tahun 1200 Zaman Kedua, dia datang ke Eriador menyamar dalam wujud rupawan dan mengaku sebagai utusan Valar dengan nama Annatar, Pemberi Hadiah. Raja Agung Gil-Galad tidak mengenalinya tetapi dia juga tidak mempercayainya serta menolak kedatangannya di Lindon.
Lalu Sauron pergi ke Eriador tempat kediaman Celebrimbor dan peri pengrajin lainnya. Sauron berjanji akan mengajarkan mereka tata kriya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Para peri pengrajin terpedaya dan menerima Sauron. Menggunakan keterampilan yang mereka pelajari, mereka mulai menempa Cincin-Cincin Sakti pada tahun 1500.
Sauron kembali ke Mordor, dan di Gunung Ajal pada tahun 1600 dia menempa cincin utama untuk menguasai cincin-cincin lainnya. Dia menuangkan banyak kekuatan dan hasratnya ke Cincin utama agar ia bisa menguasa cincin-cincin lain. Cincin Utama membuat Sauron bisa membaca dan mengendalikan pikiran orang-orang yang memakain cincin-cincin lainnya.
Ketika ia mengenakan cincin itu, kekuatan Sauron bertambah dahsyat. Tetapi ada dua bahayan dari cincin itu terhadapnya. Pertama, jika seseorang dengan kekuatan yang lebih dari dia miliki mengambil cincin itu, maka Sauron akan menjadi pelayannya. Kedua, jika cincin itu dihancurkan, Sauron jika ikut hancur karena ia tak memiliki kekuatan lagi untuk menopang keberadaannya dan ia akan menyusut menjadi tak lebih dari secercah bayang-bayang. Tapi Sauron yakin tak seorangpun yang mampu menghancurkannya dan ia juga yakin bahwa tak ada yang lebih kuat darinya.
Ketika Sauron mengenai Cincin Utama, Kaum Peri mengetahuinya. Mereka sadar telah tertipu oleh Sauron dan menanggalkan cincin yang mereka pakai. Tiga cincin peri Narya, Nenya, dan Vilya ditempa sendiri oleh Celebrimbor. Oleh karena itu, cincin tersebut bebas dari sentuhan Sauron tetapi masih terkendalikan oleh Cincin Utama, jadi Kaum Peri menyembunyikan mereka dari Sauron.
Sauron murka dan mengumumkan perang melawan Peri. Dia menyerang Eriador tahuh 1695 dan juga Eregion. Elrond datang bersama pasukan dari Lindon untuk membantu Peri Eregion, tetapi Pasukan mereka kalah jumlah dan kalah. Sauron mengambil Sembilan Cincin dan dia menyiksa Celebrimbor untuk mengetahui keberadaan Tujuh Cincin, tetapi Tiga Cincin Peri telah dikirim jauh dan Celebrimbor menolak memberitahu keberadaanya.
Celebrimbor terbunuh dan Sauron menancapkan tubuhnya di atas panji-panjinya. Pasukan Elrond mundur ke arah utara dan Kaum Kurcaci menutup kerajaan mereka di Khazad-dum. Pasukan Sauron menguasai Eriador pada tahun 1699. Gil-galad mengerahkan pasukan melawan invasi Sauron ke Lindon, dan pada saat itu bantuan datang dari pasukan Numenor, pasukan Sauron berhasil dipukul mundur. Sauron sendiri melarikan diri ke Mordor.
Sauron secara perlahan-lahan berhasil menghimpun pasukan kembali yang terdiri atas Pasukan Orc dan makhluk keji lainnya. Dia menyebarkan pengaruhnya kepada Manusia di Rhun dan Harad wilayah sebelah timur dan selatan Mordor dan dia mengangkat dirinya sebagai Raja dan Dewa mereka.
Sauron menciptakan pelayannya yang mematikan dengan cara membagikan sembilan cincin kepada manusia. Konon, tiga dari mereka merupakan petinggi Numenor. Mereka semua diperbudak oleh Sauron dan menjadi hantu. Hantu cincin, atau Nazgul, pertama kali muncul pada tahun 2551.
Seiring dengan meningkatnya kekuatannya, keangkuhan Sauron menjadi bertambah dan dia menyatakan diri sebagai Raja Manusia dan Penguasa Bumi. Dia mulai melancarkan serangan ke wilayah Numenorean di sepanjang Middle-earth. Sauron membenci Numenoreans dan berniat untuk balas dendam karena kekalahannya di Lindon.

Pada tahun 3262, Ar-Pharzon, Raja Numenor, mendarat di Middle-earth bersama pasukannya dan menuntut Sauron menyerahkan diri. Pasukan Sauron menolak bertarung karena gentar akan pasukan Numenor. Sauron merasa bahwa dia tidak bisa memenangkan, namun dia berencana untuk mengalahkan Numenorean dengan tipu daya dan kelicikannya. Sauron menyerahkan diri dan ditawan ke kerajaan Numenor.      
Sauron menumbuhkan benih-benih pertikaian dan memanfaatkan ketakutan Numenorean akan kematian. Dia merubah wujudnya menjadi sosok rupawan dan rendah hati. Karena tipu daya tuturnya, dia diangkat jadi penasihat Raja Numenor. Dia membujuk Ar-Pharazon berhenti menyembah Eru dan berpaling kepada Morgoth. Dan atas tipu daya Sauron, Kaum Numenor mulai mengorbankan manusia dalam usahanya mencapai keabadian.
Kemudian Sauron meyakinkan Ar-Pharazon bahwa dia akan memperoleh keabadian jika dia pergi ke Negeri Abadi, Valinor. Ar-Pharazon menghimpun armada besar dan berlayar ke barat tahun 3319, berniat untuk merebut paksa Negeri Abadi. Namun, ketika Ar-Pharazon menjejakkan kakinya di pantai Valinor, Eru menenggelamkan pasukannya dan mengubur Ar-Pharazon di bawah runtuhan bukit. Eru juga menghancurkan Numenor ke dasar lautan.
Sekelompok Numenoreans yang dijuluki Sahabat Peri dan tidak terpedaya oleh tipuan Sauron berhasil menyelamatkan diri dari kehancuran Numenor. Mereka dipimpin oleh Elendil dan puteranya Isildur dan Anarion. Mereka berlayar ke Middle-earth dan mendirikan kerajaan Gondor dan Arnor pada tahun 3320.
Pada tahun yang sama, ruh Sauron kembali ke Middle-earth dari puing-puing reruntuhan Numenor dimana dia ikut tenggelam  bersamanya. Tubuhnya lenyap dan dia tak bisa lagi berubah ke wujud yang rupawan. Namun, wujud barunya sangat mengerikan untuk dipandang.
Sauron berhasil menyelamatkan Cincin Utama dari kehancuran Numenor dan kembali mengenakannya di Barad-dur. Manusia yang sebelumnya dia taklukkan kembali melayani Sang Penguasa Kegelapan. Di antara mereka terdapat Manusia Numenor yang telah diperdaya Sauron dan dijuluki Numenorean Hitam.
Sauron meneruskan rencananya menaklukkan Middle-earth, dimulai dengan menyerang kerajaan Gondor yang baru berdiri. Dia merebut Minas Ithil, benteng Isildur di dekat perbatasan Mordor. Sauron menyerang terlalu cepat sebelum dia cukup kuat. Anarion berhasil menghalanginya menguasai Osgiliath dan Minas Arnor.
Pasukan Manusia dipimpin oleh Elendil dan pasukan Peri dipimpin oleh Gil-galad bergabung menyerang Sauron dalam Pertempuran Persekutuan Terakhir. Tahun 3434, Pertempuran Dagorlad pecah di gerbang Mordor. Pasukan Sauron dikalahkan dan Sauron terkepung di menara hitamnya. Pengepungan Barad-dur ini berlangsung selama tujuh tahun hingga tahun 3441, ketika Sauron keluar dari menaranya. Dia bertarung dengan Elendil dan Gil-galad di lereng Gunung Ajal. Dalam pertempuran itu, Sauron dikalahkan tetapi Elendil dan Gil-galad terbunuh. Isildur memotong Cincin Utama dari tangan Sauron dengan pedang patah ayahnya, Narsil. Dengan lepasnya Cincin Utama, Ruh Sauron pergi meninggalkan tubuhnya yang ikut musnah.
Isildur menolak menghancurkan Cincin Utama dan mengambil cincin itu untuknya. Pada tahun 2 Zaman Ketiga, dia dibunuh oleh Orc di Gladden Field dan Cincin Utama hilang di arus air sungai Anduin.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Blog Archive

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers