Monday, July 7, 2014

Círdan (10907 tahun)

Círdan merupakan  Peri Teleri dan peri tertua ketika perang cincin terjadi serta penguasa daratan Falas pada abad pertama. Dia adalah pembawa Cincin Sakti Narya, yang ia hadiahkan kepada Gandalf. Dia pertama kali muncul sekitaran waktu penangkapan Melkor ketika perjalanan kaum peri untuk berpindah tempat tinggal di Valinor. Dalam perjalanan menuju Valinor, Elwe pemimpin kaum Teleri terpesona karena kecantikan Melian dan menghilang dari rombongan kaum peri Teleri. Setelah pencarian yang cukup lama, saudarnya Olwe mengambil alih kepemimpinan atas Teleri dan melanjutkan perjalanan ke Valinor. Akan tetapi, beberapa peri Teleri tidak mau pergi tanpa Elwe dan Círdan merupakan salah satu dari peri-peri tersebut. Dia ditinggalkan dengan sejumlah peri Teleri dan menetap di Falas. Para peri Teleri yang menetap di Falas menyebut diri mereka Eglath, Orang-orang yang ditinggalkan.
Círdan memainkan peran penting pada peristiwa di abad ke dua. Dia membantu Edain, manusia yang membantu kaum peri mengalahkan Melkor, dengan menghadiahkan mereka kapal-kapal dan melatih mereka berlayar menuju pulau Númenor.  Círdan dari awal tidak mempercayai Annatar, Samaran Sauron,  dan tidak mengizinkannya masuk ke kediamannya. Dia juga menasihati peri Eregion untuk tidak menempa cincin sakti di bawah pengawasan Annatar, namun mereka tidak mendengarkannya.  Círdan dipercayakan memegang Narya, salah satu dari tiga cincin yang tidak terkena pengaruh Sauron.
Setelah kematian Gil-galad,Peri Lindon berada di bawah perwalian Círdan. Ketika itu, banyak peri yang berangkat dari kediaman Círdan (Grey Haven) menuju Valinor. Menjelang kekuatan Sauron kembali muncul, Valar mengutus  lima Istari (penyihir) dan mereka disambut oleh Círdan di dermaganya di Grey Haven. Meskipun Curunir, Saruman, diangkat menjadi pemimpin Istari namun Círdan mengganggap bahwa Gandalflah yang paling bijak dan secara diam-diam dia memberikan Narya kepada Gandalf.
Setelah kejatuhan Dúnedain, Círdan dipercayakan menjaga Palantir dari Elostiron. Dia kembali kepada tugas utamanya yaitu membantu keberangkatan para peri middle earth ke Valinon dengan menyediakan bagi mereka kapal. Setelah perang cincin, Círdan muncul menyambut Elrond, Galadriel, Gandalf Bilbo dan Frodo Baggins untuk melepas mereka berlayar ke Valinor. Meskipun tetap tinggal di Middle-earth, tidak kisah mengenai peran Círdan pada abad keempat. Dia ditakdirkan untuk berangkat pada Kapal Terakhir menuju Valinor. Pada akhir abad ketiga dia diperkirakan berusia 10907 tahun.

Galadriel (8338 tahun)

Galadriel adalah putri tunggal dan anak bungsu dari Finarfin, pangeran Noldor, dengan Earwen, sepupu dari Lúthien. Kakaknya bernama Finrod, Angrod, dan Aegnor. Galadriel lahir di Valinor dimasa yang dikenal sebagai Tahun Pohon.  Galadriel adalah pemimpin pemberontakan Noldor dan pemimpin perjalanan meninggalkan Valinor, bahkan ia adalah satu-satunya perempuan yang mampu berdiri di antara lelaki dimasa itu. Tetapi Galadriel terpisah dari Fëanor dan kerabatnya, dan ia tidak ikut saat Kinslaying di Alqualondë. Ketika ia berada di Beleriand, ia biasanya tinggal bersama salah satu kakaknya, Finrod Felagund dari Nargothrond, tetapi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah Thingol dan Melian dari Menegroth, dimana ia mempelajari banyak hal mengenai Middle-Earth. Ia bertemu dengan Celeborn, penguasa Thingol, di Doriath. Celeborn dan Galadriel pertama kali datang ke Lindon, dimana mereka memimpin sekelompok elf. Kemuadian mereka pindah kearah timur dan mendirikan (atau disambut oleh) kerajaan Eregion atau dikenal sebagai Hollin. Pada masa itu mereka berhubungan dengan seorang Nandorin yang bertempat tinggal di lembah Anduin, yang kemudian dikenal sebagai Lothorien. Selanjutnya diketahui bahwa mereka pindah dari Eregion dan melewati pertambangan Khazad-dum dan menjadi penguasa Lothorien. Celebrimbor kini menguasai Eregion. Celeborn dan Galadriel memiliki seorang putri, Celebrian, yang menikah dengan Elrond dari Rivendell, hal ini menjadikan kembar Elladan dan Elrohir juga adik mereka Arwen Undomiel, ratu kerajaan Gondor dan Arnor, sebagai cucu mereka.
Selama zaman ke dua, dimana cincin-cincin kekuasaan ditempa, Galadriel meragukan Annatar, seseorang yang memandu Celebrimbor dan para Noldor dari Eregion. Barulah kemudian diketahui bahwa keraguan itu benar, ketika Annatar akhirnya diketahui sebagai Sauron. Disaat Sauron menyerang Eregion, Galadriel dipercaya untuk memegang salah satu dari tiga cincin para elf. Cincinnya adalah Nenya, cincin air atau cincin keteguhan. Sadar akan kekuatan Sauron, dan berharap untuk menggagalkan kekuatan tersebut, Galadriel tidak pernah menggunakan Nenya selama cincin utama masih berada di tangan Sauron. Tetapi ketika zaman ketiga, disaat cincin utama hilang, ia menggunakan Nenya. Kekuatan Nenya disangkutpautkan dengan Cermin Galadriel, mangkuk besar berisi air yang dapat menunjukkan masa lalu, kini, ataupun masa depan.
Galadriel menggunakan Nenya sebagai pertahanan kota Lorien, dan cincin tersebut telah membantunya untuk membuat Lorien tempat perlindungan untuk para Nandor setelah kehilangan Amroth dan Nimrodel. Galadriel tetap waspada akan Sauron dan kadang-kadang berjuang melawannya lewat pikiran. Sauron dikatakan memiliki keinginan untuk membaca pikirannya, tetapi selama Sauron tidak memiliki cincin utama, hal itu mustahil terjadi. Dimasa ketika Gil-Galad tewas, Galadriel menjadi penguasa terkuat di Middle Earth (walalupun hanya memerintah wilayah yang kecil) dan merupakan yang termasyur di antara para elf. Sepanjang masa ketiga, disaat Lothorien tertutup bagi orang luar, Penguasa Galadhrim (Celeborn dan Galadriel) tetap menjalin hubungan baik dengan Imlandris walaupun hal itu tidak terjadi dengan para elf Silvan di Mirkwood. Galadriel menyebrangi lautan dengan Elrond, Gandalf, Cirdan, dan pembawa cincin, Bilbo dan Frodo Baggins, menandai berakhirnya zaman ketiga. Ia meninggalkan suaminya, Celeborn yang akhirnya menyusulnya. Penolakannya akan cincin utama dan perbuatannya selama perang melawan sauron telah membebaskannya dari hukuman para valar, membuatnya bisa kembali ke Valinor. Ia berumur 8338 tahun ketika itu, tertua kedua setelah Cirdan, si pembuat kapal.

Celeborn (7045 tahun)

Suami Galadriel, Raja Galadhrim, dan bersama-sama dengan Galadriel memerintah Lothlorien. Dia adalah ayah Celebrian, istri Elrond dan juga merupakan kerabat Raja Thingol pada abad pertama. Pada awal abad kedua dia memerintah peri-peri di Lindon. Dan sebelum menetap di Lothlorien, dia bersama istrinya juga pernah berkuasa di Eregion. Pada akhir abad ketiga, Celeborn bersama peri-peri lainnya menyebarangi Anduin untuk menemukan Lorien Barat. Saat Galadriel meninggalkan Middle-earth, Celeborn tidak ikut bersamanya akan tetapi dia tinggal di Rivendell bersama cucunya Elladan dan Elrohir. Pada akhir abad ketiga, dia diperkirakan berusia 7045 tahun.

Elrond (6520 tahun)

Elrond adalah penguasa Rivendell, salah satu penguasa kuno yang masih tersisa di Middle-earth pada abad ke-tiga. Dia adala putera Eärendil dan Elwing dan cicit dari Lúthien lahir di Beleriand pada abad pertama. Elrond lahir di pengungsian Mulut Sirion tidak lama sebelum putera-putera Fëanor menghancurkannya. Dia dan saudarnya, Elros, ditawan namun tidak dibunuh melainkan diserahkan kepada Maedhros dan Maglor untuk dibesarkan. Elrond ikut ke Lindon bersama rombongan Gil-galad, raja terakhir peri Noldor. Elrond merupakan bentara Gil-galad pada abad kedua . Di masa perang peri dengan Sauron, Elrond diutus ke Eregion ketika tempat diserang olehh Sauron. Elrond berhasil mundur ke sebuah lembah dan mendirikan sebuah hunian di Imladris (Rivendell).
Pada awal abad ketiga, Elrond menikah dengan Celebrían, puteri Celeborn dan Galadriel. Perkawinan itu membuahkan dua orang putera kembar, Elladan dan Elrohir, dan seorang puteri Arwen Undómiel. Elrond tetap tinggal di Rivendell hingga cincin dan Sauron di hancurkan. Dia berangkat ke Valinor pada usia 6520 tahun.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

Komentar Terbaru

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers