Tuesday, July 8, 2014

Marduk

Marduk (ejaan Sumeria dari bahasa Akkadia: "sapi Matahari"; Alkitab: Merodakh) adalah nama bahasa Babilonia untuk dewa dari Mesopotamia kuno dan dewa pelindung kota Babilonia. Ketika Babilonia menjadi pusat politik di lembah sungai Efrat pada masa pemerintahan Hammurabi (abad ke-18 SM), ia mulai menjadi dewa utama Babilonia. Dia juga merupakan dewa tertinggi dalam jajaran pantheon dewa-dewi Babilonia. Orang tuanya adalah dewa Ea dan Dewi Damgalnun. Dia berpasangan dengan dewi Zarpan-Itum yang pernikahan mereka diperingati setiap tahun pada perayaan tahun baru. Dalam mitologi penciptaan, dia bertarung melawab Tiamat dan membunuhnya serta membagi dua tubuhny untuk menciptakan langit dan bumi. Simbol Marduk adalah Mar, peralatan pertanian bangsa Babilonia yang berbentuk segitiga.  Festival utama untuk Marduk adalah Akitu yang diperingati setiap tahun baru, perayaan ini terus berlanjut hingga tahun 200 SM. Kuil suci Marduk di Babilonia adalah Esagila dan E-temen anki ziggurat.

Inanna

Inanna dapat dianggap sebagai dewa perempuan paling menonjol di Mesopotamia kuno. Pada awal periode Uruk (ca. 4000-3100 SM), Inanna dikaitkan dengan kota Uruk. Yang terkenal Uruk Vase (ditemukan dalam deposit objek kultus periode Uruk III) menggambarkan deretan laki-laki telanjang membawa berbagai benda, mangkuk, kapal, dan keranjang dari produk pertanian, dan membawa domba dan kambing, untuk menghadap sosok perempuan penguasa. Angka ini berdesain berpakaian untuk pernikahan dewa, dan dihadiri oleh seorang hamba. Sosok perempuan memegang simbol dua buluh kusen pintu, menandakan Inanna dibelakangnya, sementara sosok laki-laki memegang kotak dan tumpukan mangkuk, kemudian tanda runcing menandakan En, atau imam tinggi candi. Terutama pada periode Uruk, simbol dari kusen pintu cincin berkepala dikaitkan dengan Inanna.

Ereshkigal

Ereshkigal, yang menurut kepercayaan Bangsa Sumeria merupakan dewa perempuan yang menguasai maut dan bertahta di Bawah Tanah. Suami Ereshkigal ,Gugalanna , tewas tanpa setahu Ereshkigal dan Inanna (adiknya) pergi ke dunia Bawah Tanah untuk memberikan penghormatan dia untuk adiknya. Ereshkigal takut bahwa Inanna sebenarnya datang untuk mengambil alih Bawah Tanah hingga akhirnya Inanna sampai di pintu gerbang Bawah Tanah, Ereshkigal menyerang adiknya dan menggantung tubuhnya di belakang singgasananya.
Mitos lain dari Ereshkigal bercerita tentang bagaimana dia memiliki suami kedua, Nergal, Dewa perang dan wabah. Nergal pertama kali dikirim ke Bawah Tanah dengan pesan dari para dewa lain untuk Ereshkigal. Dia begitu terkesan bahwa ia mengajukan petisi kepada Tuhan untuk membiarkan dia mengunjungi kedua kalinya, dan Tuhan mengijinkan dengan peringatan untuk tidak makan atau minum apa pun di Bawah Tanah dan untuk tidak terlalu dekat dengan Ereshkigal.
Namun, Ereshkigal tergoda Nergal dan mereka tinggal di tempat tidur selama tujuh hari. Nergal kemudian meninggalkan Bawah Tanah dan kembali ke langit. Ereshkigal Patah hati mengancam akan membangkitkan orang-orang mati sampai mereka kalah jumlah hidup, jika para Dewa lain tidak akan mengirim kembali Nergal untuk ke Bawah Tanah dan lalu menikahinya.
Ereshkigal menggambarkan sifat dasar kaum wanita, yang pada dasarnya bersifat serakah dan bodoh. Digambarkan jelas bahwa Ereshkigal adalah seorang wanita yang gila kekuasaan, kejam (bahkan tega membunuh adik kandungnya karena keegoisannya), dan akal pikirannya selalu terkalahkan oleh nafsunya.

Enten

Dewa kesuburan bangsa Sumeria. Dia diciptakan oleh Enlil sebagai dewa pelindung para petani bersama dengan dewa Emes. Enten diberi tugas khusus menjaga domba, kambing, sapi. Keledai, burung, dan binatang-binatang lainnya. Dia dikenal dengan kelimpahan bumi dan periode-periode musim dingin.

Erra
Erra dewa perang Mesopotamia dikenal sebagai pemimpin perang dalam Epos Erra, berasal dari tahun 1000 SM. Dia juga merupakan dewa penyeranganga, huru-hara dan kegersangan bumi. Kultus pemujaannya berpusat di kuil Emeslam di kota Kutha. Pada era Babilonia, dia dikenal sebagai dengan wabah.




Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

Komentar Terbaru

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers