Monday, October 17, 2016

HESTIA

Hestia adalah salah seorang anak yang ditelan oleh ayahnya, Kronos. Ketika Kronos memuntahkan kembali semua anaknya akibat ramuan Zeus, Hestia adalah yang terakhir dikeluarkan. Dengan demikian dia adalah anak pertama (dari Rhea) sekaligus anak terakhir (dari Kronos). Setelah perang Titanomakhia, Hestia menyatakan pada saudara-saudaranya bahwa dia ingin selalu menjadi perawan. Menolak permintaan jodoh Poseidon dan Apollo, Hestia lalu bersumpah di atas kepala Zeus bahwa dia tidak akan terikat pernikahan dan tidak akan tersentuh hasrat cinta dan seksual; karena ini, Hestia menjadi antitesis Aphrodite setelah menolak nilai cinta. Hestia dikenal karena kebaikan dan kerendahan hatinya. Dia jarang ikut campur dengan prosesi pembicaraan dengan para dewa Olimpus lainnya, apalagi dengan urusan-urusan mereka; ini diinterpretasikan oleh Walter Burkert karena sebagai "perapian", Hestia tidak dapat dipindahkan. Saat terjadi krisis pengangkatan anak Zeus dengan seorang manusia bernama Semele, Dionysus, menjadi dewa Olimpia sementara jumlah singgasananya sudah penuh, Hestia dengan ikhlas merelekan takhtanya untuk Dionysus. Karena ini, Hestia secara teknis bukanlah bagian dari Dewa-Dewi Olimpus, namun dia masih memegang posisi yang sama dengan mereka. Menurut kaum Fasti, penyair Ovid menulis bahwa Hestia pernah hampir diperkosa oleh Priapos, putra Dionisos dan Afrodit. Suatu hari Hestia dan para dewa tertidur setelah makan bersama. Priapos mengendap-endap mendekati Hestia. Hestia terbangun dan melihat bahwa Priapos hampir menindihnya. Hestia menjerit sangat keras dan Priapos pun ketakutan.
DAFNE

Apollo dalah dewa musik dan matahari sementara Dafne adalah putri dari dewa sungai Peneus. Percintaan keduanya bukanlah sesuatu yang tidak disengaja namun melainkan ulah dari dewa Cupid/Eros, anak dari dewi Afrodit (mitologi Romawi: Venus). Eros tersinggung atas kesombongan Apollo sehingga Eros berkata, "Apollo, panahmu dapat menghancurkan semua yang ada di dunia, sedangkan panahku dapat menghancurkanmu!" Eros mengambil 2 anak panah yang berbeda, anak panah emas yang tajam (anak panah rasa cinta) ditembakkan tepat di jantung Apollo, sedangkan anak panah lainnya yaitu anak panah timah yang tumpul (anak panah kebencian) ditembakkan ke arah Dafne. Akibatnya Apollo menjadi sangat mencintai Dafne sedangkan Dafne menjadi sangat membenci Apollo, dan dimulailah kejar-mengejar antara Apollo dan Dafne. Dafne lari sampai ke ujung dunia dan Apollo pun mengejar Dafne sampai ke ujung dunia. Sampai akhirnya Dafne menyerah karena kehabisan tenaga dan meminta pada ayahnya sang dewa sungai Peneus untuk mengubah dirinya menjadi pohon. Peneus pun mengabulkan permintaan anaknya dan diubahnyalah Dafne menjadi pohon salam. Pada saat melihat kejadian itu Apollo berkata, "Karena kau tidak dapat menjadi istriku", katanya, “kau tetap akan menjadi pohonku. Aku akan mengenakan kau sebagai mahkotaku. Dan seperti keabadianku, kau akan selalu hijau, dan daun-daunmu tidak akan gugur". Oleh mulai saat itu Apollo pun mengenakan mahkota yang terbuat dari daun salam dan karena kejadian ini pun maka daun salam tidak bisa layu.
AITHOUSA  

(Aethusa) Nimfa dari Boitoia kekasih Apollo, dari Nimfa ini dia memiliki putera Eleuther. 

KHRYSOTHEMIS 

(Chrysothemis) Nimfa dan ratu Bubastis Karia (Asia Kecil), isteri dari Raja Staphylos. Dia berselingkuh dengan dewa Apollo, dari perselingkuhan mereka ini lahir puteri mereka Parthenos.
KORYKIA  

Nimfa sungai dari Phokis dari kekasihnya, Apollo memiliki putera Lyrokas.

KYRENE 

Nimfa atau puteri kerajaan Lapith di Thessalia. Dia digoda oleh Apollo ketika berburu. Darinya, Apollo memiliki dua putera, Aristaios dan Idmon.
MELIA 

Dalam mitologi Yunani, Meliai (bahasa Yunani: Μελίαι atau Μελιάδες) adalah para nimfa pohon abu. Mereka tercipta bersama Erinyes dan para Gigant dari tetesan darah yang tumpah ketika Kronos mengebiri Uranus. Dari pobon abu muncullah ras manusia pada zaman perunggu, ras yang gemar berperang hingga akhirnya dimusnahkan oleh Zeus dengan banjir besar. Melia adalah salah satu Meliai. Dia adalah putri Okeanos. Dari hubungannya dengan Inakhos, adiknya yang seorang dewa sungai, ia menjadi ibu dari Io, Foroneus dan Aigialios atau Fegeus. Dalam cerita lain, dia adalah ibu dari Amikos oleh Poseidon. Cerita lain mengatakan, Melia diculik oleh Apollo dari rumah ayahnya di Thebes. Saudaranya, Kaanthos diutus untuk menyelamatkan Melia. Kaanthos membakar dan menghancurkan kuil Apollo membuat Apollo marah dan membunuhnya. Dari hubungannya dengan Apollo, Melia melahirkan dua orang putera : Teneros dan Ismenos.
OTHREIS 

Nimfa Gunung Othrys darinya Apollo mempunya putera Phagros.

OUREA

 (Urea) Nimfa Laut di Troy, puteri dari Poseidon. Apollo jatuh cinta padanya pada masa pembangunan tembok Troy. Ia melahirkan putera Ileus untuk Apollo.

SINOPE  

Nimfa Sungai dari Sikyonia yang dilarikan oleh Apollo ke Pantai Laut Hitam di Assyria. Menurut beberapa sumber, ia menipu Apollo dengan menjanjikannya akan memberikan keperawanannya kepada dewa tersebut. .

STILBE 

Nimfa sungai dari Thessaloa darinya lahir putera Apollo Lapithes dan Kentauros. 

AKALLE

Puteri kerajaan Kreta kekasih Apollo. Darinya lahir putera Apollo Amphithemis.

AMPHISSA

Puteri kerajaan Drypoia. Dia digoda oleh Apollo dengan menyamar menjadi seorang pengembala. Putera mereka adalah Agreus, Raja Euboia.
KASSANDRA 

Dalam mitologi Yunani, Kassandra (Yunani kuno Κασσάνδρα, atau Κασάνδρα, Κεσάνδρα, Κατάνδρα, atau Aleksandra) adalah putri Raja Priamos dan Ratu Hekabe di Troya. Dia sangat cantik sehingga Apollo jatuh cinta padanya dan menghadiahkannya kemampuan meramal. Dalam versi lainnya, Kassandra bermalam di kuil Apollo, dan seekor ular kuil menjilat telinganya sehingga dia dapat mendengar masa depan. Akan tetapi Kassandra tidak mau menjadi kekasih Apollo sehingga dia dikutuk bahwa ramalannya tidak akan pernah dipercayai oleh orang lain. Kassandra muncul dalam Siklus Epik dan drama tragedi.
KHIONE

Apollo dan Hermes jatuh cinta pada Khiones, putri Daidalion. Suatu ketika, Hermes memperkosa Khione pada siang hari, sedangkan pada malam harinya giliran Apollo yang memperkosa Khione. Khione melahirkan sepasang anak kembar, yaitu Autolikos (pencuri) putra Hermes dan Filamon (penyair) putra Apollo.
MARPESSA

Seorang manusia bernama Idas sudah hendak menikahi Marpessa, namun Apollo menculik sang gadis. Idas tidak gentar terhadap Apollo dan berusaha mengejar sang dewa untuk mendapatkan kembali pasangannya. Zeus mencegah kedua saingan itu bentrok, dan meminta sang gadis untuk memilih satu di antara mereka. Marpess memilih Idas
KORONIS

Puteri kerajaan Oikhalia di Thessalia dan kekasih Apollo. Ketika Apollo mengetahui perselingkuhannya dengan pria manusia, kakaknya Artmeis membunuh Oikahila. Anak mereka, Asklepios, berhasil diselamatkan dari perut hamil Koronis.
RHOEO

Dalam mitologi Yunani, Rhoeo merupakan putri Staphylus dan Chrysothemis, saudara parthenos dan Molpadia atau Hemithea. Parthenius menceritakan bahwa ia pernah mengalami cemburu kepada adiknya Hemithea ketika Staphylus memerintahkan adiknya tersebut untuk menghabiskan malam dengan Lyrcus, tamunya, yang sama-sama ditaksir oleh Hemithea dan Rhoeo. Dia menjadi kekasih Apollo dan  ibu dari Anius, putera mereka. Ketika ayahnya menemukan kehamilannya, ia percaya ia dihamili oleh seorang pria bukan dewa. Lalu Dia memasukkan Rhoeo dia di dada dan melemparkannya ke laut (serupa dengan kisah Danae dan Perseus). Dia mendarat di pulau Delos, tempat suci bagi Apollo. Dia melahirkan anak laki-laki di pulau dan menamainya Anius ; Dia kemudian menempatkan dia di atas altar Apollo dan berdoa kepada dewa tersebut untuk menjaga bayi itu jika dia memang puteranya. Apollo menyembunyikan Anius  , mengajarinya seni ramalan dan menganugerahinya.  Rhoeo akhirnya menikah Zarex, anak karystos, yang menganggap Anius sebagai puteranya sendiri, dan mereka memiliki dua anak lagi.  Anius menjadi  imam kuil Apollo dan memberi bantuan kepada Aeneas dan rombongannya ketika mereka bepergian dari.

ADONIS


Adonis (Yunani Ἄδωνις dari Semitik Barat laut 'A-D-N) adalah tokoh yang berasal dari Semitik Barat yang merupakan tokoh sentral dalam pemujaan berbagai agama misteri yang menyertai mitologi Yunani pada masa Hellenistik. Dia selalu dihubungkan dengan Osiris dari Mesir, Tammuz dari Semit, dan Baal Hadad, Atunis dari Etruska dan Attis dari Frigia. Semua tokoh tersebut merupakan dewa yang dibangkitkan kembali dan juga dewa tumbuhan. Adonis memiliki paras yang sangat tampan. Karena ketampananya ini, Apollopun jatuh cinta padanya pada pandangan pertama dan merekapun menjadi sepasang kekasih. Pemujaan terhadapnya dilibatkan dengan wanita: pemujaan Adonis yang mati sangat dikembangkan dalam kelompok gadis muda di sekitar Sappho di Lesbos, sekitar tahun 600 SM, sebagaimana ditunjukkan dalam sebuah fragmen dari Sappho. Adonis adalah salah satu tokoh pemujaan yang sangat kompleks pada masa-masa klasik. Dia memiliki banyak peran, dan banyak cendekiawan sepanjang sejarah memberi perhatian atas makna dan tujuannya dalam iman keagamaan Yunani. Dia diperbarui setiap tahunnya, dewa tumbuhan yang selalu muda, dewa yang hidup-mati-dan terlahir kembali. Namanya sering diidentikkah pada masa modern pada pemuda tampan.
HYCANTHICUS

Hyacinthus adalah seorang pahlawan perkasa, putra dari Clio dan Pierus-Raja Macedonia.
Hyacinth adalah seorang pria yang tampan rupawan, sampai-sampai Apollo - Dewa Pemanah, Musik, dan Puisi, jatuh cinta padanya. Ketampanan Hyacinthus juga menarik hati Dewa Angin Barat, Zephyrus. Akibatnya terjadi persaingan sengit antara Apollo dan Zephyrus. Amarah Zephyrus timbul tatkala ternyata Hyacinthus lebih memilih Apollo sebagai kekasih hatinya. Suatu hari, Hyacinthus dan Apollo sedang bercengkerama sambil bermain lempar cakram. Pada suatu kesempatan, untuk membuat kekasihnya terkesan, Apollo melemparkan cakram dengan segala kekuatannya; ternyata demikian pula Hyacinth berusaha menangkap cakram itu untuk membuat Apollo terkesan pada ketangkasannya. Diam-diam keadaan itu dimanfaatkan oleh Zephyrus. Dewa Angin Barat itu meniup kencang cakram sehingga benda itu mencederai kepala Hyacinthus dan akhirnya tewas. Kesedihan Apollo begitu mendalam, bahkan Apollo tidak mengijinkan jiwa kekasihnya itu dibawa oleh Hades - Dewa Kematian. Sebagai tanda cintanya yang begitu dalam, Apollo mengubah darah yang menetes dari kepala Hyacinth menjadi bunga yang indah - bunga Hyacinth. Tetesan air mata Apollo jatuh membasahi kelopak-kelopak bunga Hyacinth sebagai tanda perkabungannya.
HYMENAIOS

Merupakan pangeran kerajaan Magnesia. Dia tinggal di wilayah Thelessia tepatnya di Magnesia. Magnes, raja Magnesia, memiliki putera yang sangat tampan bernama Hymenaios. Karena ketampannya ini, Apollo jatuh cinta ketika pertama kali melihatnya. Untuk mendapatkan hati sang pangeran, Apollo pergi mengunjungi Magnesia dan tetap tinggal di sana untuk beberapa waktu yang lama. Hermes lalu membantu Apollo dengan memberikannya ternak untuk digembalakan bersama dengan Hymenaios.
KYPARISSOS

Dalam mitologi Yunani, Cyparissus atau Kyparissos adalah pemuda kekasih  Apollo. Dalam versi cerita yang paling terkenal , pendamping favorit Cyparissus adalah rusa jinak, yang tidak sengaja ia bunuh dengan lembing ketika ia berbaring tidur di hutan. Kematian rusa itu membuatnya sangat sedih  sehingga mengubah dirinya menjadi pohon cemara, simbol klasik perkabungan. Mitos Cyparissus, seperti  Hyacinthus, sering ditafsirkan sebagai cerminan kebiasaan sosial perjantanan (hubungan pria dewasa dengan pemuda) di Yunani kuno, dimana ia menjadi kekasih muda Apollo. Tradisi  perjantanan ini merupakan proses inisiasi ke dalam kehidupan laki-laki dewasa.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

Komentar Terbaru

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers