Thursday, November 27, 2014

Pada mulanya Eru, Yang Esa, di dalam bahasa Peri dikenal dengan Iluvatar menciptakan Ainur dari buah pikirannya; dan memerintahkan mereka memainkan tembang musik di hadapannya. Dari musik inilah dunia tercipta; karena Iluvatar memperlihatkan wujud musik itu kepada para Ainur. Iluvatar memberikan mereka penglihatan, penciptaan dunia, dikenal dengan nama Ea.  Para Ainur yang menginginkannya diperbolehkan datang ke dunia itu. Maka muncullah Valar dan Maiar, Ainur yang turun ke Ea dari kediaman Iluvatar. Lama mereka bekerja di Ea hingga Arda sempurna tercipta, Kerajaan Dunia. 

Melkor atau Morgoth ialah yang paling sakti dan kuat di antara semua Ainur. Akan tetapi, ia diselimuti kegelapan dan menjadi musuh besar Arda. Ketika Melkor turun ke dunia, ia berperang melawan Ainur lainnya. Empat belas dari Ainur agung ini dikenal dengan sebutan Valar, Penopang Arda. Selama beberapa saat, Melkor berperang sendirian melawan Valar dan dia mengungguli mereka semua. Lalu, datanglah Tulkas dengan kekuatan mengimbangi Melkor dan turun ke dunia untuk membantu Valar.   Melkor dikalahkan, ia melarikan diri dan menaruh benci dendam kepada Tulkas.

Setelah Melkor dikalahkan Tulkas, Valar berhasil menyelesaikan pekerjaan mereka menciptakan Arda. Arda masih belum berpenghuni dan Valar meneranginya dengan buah lampu yang dipasang pada dua menara besar, Illuin dan Ormal. Pancaran cahaya kedua lampu itu menerangi seluruh wilayah Arda. Saat tulkas beristirahat dan tidak berjaga-jaga karena lelahnya, Melkor bersama rombongannya menyusup ke Arda. Dia secara diam-diam menggali Arda kemudian membuat benteng pertahanan di dalam perut bumi,Utumno. Tak lama berselang, kematian dan kemalangan menghancurkan semua yang tumbuh subur di Arda, Binatang saling bertarung dan bunuh membunuh. Valar kemudian tahu bahwa Melkor telah kembali dan mencari tempat persembunyiannya. Akan tetapi Melkor dan pasukannya menyerang mereka terlebih dahulu. Melkor menghancurkan dua lampu penerang Arda yang menyebabkan dunia dikobari api dan diluapi air.   Bentuk simetris Arda rusak. Di tengah kegelapan dan huru hara, Melkor melarikan diri kembali ke Utumno.  Valar tidak bisa menghukumnya karena kekuatan mereka dibutuhkan untuk menyelamatkan di dunia dari ambang kehancuran.

Para Valar terpaksa meninggalkan Middle-earth dan pindah ke Aman. Untuk mengembalikan cahaya ke dunia, Vala Yavanna menyanyikan lagu menciptakan dua Pohon, Telperion perak dan Laurelin emas. Vala Varda mengumpulkan embun dari pohon tersebut dan menjadikan mereka bintang. Bintang yang diciptakan tidak hanya sebagai pelita harapan tetapi juga menjadi petunjuk untuk masa depan. Di bawah cahaya bintang-bintang inilah, Elf dibangukan oleh Iluvatar. Melkor ialah yang pertama kali mengetahui kedatangan Elf. Dia segera mengutus ruh-ruh jahat ke pada para Elf, menebarkan benih keraguan di antara mereka terhadap Valar. Banyak Elf yang diculik dan dibawa paksa ke Utumno untuk diubah menjadi Orc. 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers