Tuesday, November 25, 2014


Ras kaum kurcaci Middle-earth diturunkan dari tujuh Leluhur Kurcaci. Mereka merupakan kaum sukar untuk ditaklukkan, bertubuh besar, dan keras kepala. Yang paling tua di antara mereka semua ialah Durin, ia terbangun di Gunung Gundabad Pegunungan Berkabut, di dekat tempat ia menemukan Khazad-dum, nanti dikenal dengan Moria. Tujuh Leluhur Kurcaci diciptakan oleh Vala Aulë. Aulë adalah salah satu dari Valar dan bertugas membentuk Arda. Ia menciptakan kurcaci karena ketidaksabarannya menanti kedatangan Anak-anak Iluvatar, Elf dan Manusia. Iluvatar memaafkannya dengan syarat Kurcaci harus terbangun setelah kedatangan kaum Elf.

Dua leluhur Kurcaci ditidurkan di dekat Gunung Dolmed Pegunungan Biru. Mereka menurunkan Kurcaci Broadbeams dan Firebeard yang tinggal di Nogrod dan Belegost. Empat Leluhur lainnya ditidurkan di timur jauh Pegunungan Merah. Dua dari mereka ditidurkan di perbatasan utara sementara dua lainnya di perbatasan selatan. Mereka menurunkan Kurcaci Ironfist, Stiffbeard, Blacklocks dan Stonefoots. Kebanyakan kejadian di Middle-earth berpusat pada Longberad, keturunan Durin. Di Kheled-zaram, Durin melihat bayangannya di atas telaga memakai makhkota. Ia menganggap itu sebagai pertanda untuk membangun Khazad-dum, tambang kurcaci. Di sana ia mendirikan tahtanya dan menjadi Raja Durin yang Abadi. Seperti di tempat lain, Kurcaci menggali dalam ke bawah pusat gunung untuk mendirikan kediaman mereka di sana, dan menemukan sumber kekayaan, emas dan Mithril. Gerbang-gerbang tambang mereka dibiarkan terbuka karena waktu itu bayang-bayang kegelapan belum menyelimuti Middle-earth dan juga tidak ada tanda-tanda keberadaan Balrog.

Akan tetapi pada Zaman Pertama, Bayang-bayang Morgoth kembali menyelimuti Middle-earth. Kaum kurcaci, yang sebelumnya mengadakan perdagangan dengan Kaum Elf, berjuang bersama menghadapi Morgoth. Sepanjang kurun waktu peperangan Di Beleriand, banyak Kurcaci yang terbunuh. Meskipun begitu, pasukan Kurcaci memiliki pertahanan yang kuat disertai baju perang dan senjata yang ampuh.  Selama Battle of Unnumbered tears hanya Kurcaci Belegost yang bisa memukul mundur Naga Glaurung. 

Di Zaman Pertama juga, Raja Elf Thingol memiliki Nauglamir, kalung Kurcaci untuk Finrod Felagun , yang diberikan kepadanya oleh Hurin dan permata Silmaril yang direbut oleh Beren dari mahkota Morgoth.  Thingol memerintahkan Kurcaci Nogrod merangkaikan Silmaril ke Nauglamir dan mereka melakukannya, namun mereka terpengaruh oleh keindahannya dan menuntut kalung beserta permata itu buat mereka. Ketika Thingol menolak permintaan itu, mereka membunuhnya dan membawa kabur Nauglamir. Kejadian ini menjadi penyebab runtuhnya Doriath. Zaman pertama berakhir dengan dikalahkannya Morgoth ketika War of Wrath (Perang Murka). Perang terjadi begitu hebatnya sehingga  daratan barat Pegunungan Biru hancur dan tenggelam ke dasar samudera.  Hancurnya daratan ini menjadi penyebab hancurnya dua kota besar Kurcaci, Belegost dan Nogrod memaksa para penghuninya untuk mengungsi. Kebanyakan dari Kurcaci Firebeards dan Broadbeams berpindah Khazad- dum.

Pada Zaman kedua, Sauron menjadi musuh baru bagi bangsa-bangsa merdeka Middle-earth. Seperti Manusia dan Elf, Kurcaci juga terkena tipu daya oleh Sauron. Mereka dihadiahi tujuh cincin sakti, yang paling sakti dipakai oleh Durin III. Namun berbeda dengan Manusia, Cincin itu tidak membuat Kurcaci tunduk dan takluk pada kehendak Sauron.  Khazad-dum menjadi tempat yang aman sentosa hingga penemuan Mithril yang mengakibatkan terusiknya Balrog di bawah kegelapan perut bumi.  Pada mulanya, mereka mencoba melawan Balrog tapi kekuatannya sangat sulit untuk dikalahkan.  Raja Durin VI dan puteranya Nain terbunuh dan mereka yang selamat terpaksa lari menyelamatkan diri. Kebanyakan mereka pergi ke Pegunungan Kelabu tetapi Thrain, putera Nain, pergi ke Erebor. Di sana ia mendirikan kediamannya di Pegunungan Sunyi (Lonely Mountain). Erebor menjadi sebuah benteng pertahanan dan Kurcaci kembali mengalami kejayaan dan keberlimpahan. Kerajaan itu bertahan selama 700 tahun hingga naga api Smaug datang menjarahnya.

Kaum Kurcaci yang kini tidak bertempat tinggal dan mengembara di alam liar kemudian terlibat pertempuran dengan Orc ketika mereka kembali mencoba merebut Khazad-dum atau Moria yang kini diduduki Orc. Perang mencapi puncak pada Pertempuran Azalnulbizar yang terjadi di gerbang timur Moria. Meskipun menjadi pemenang, Kurcaci Erebor tidak bisa merebut kembali Moria karena Balrog masih tinggal di dalamnya. Separuh dari kurcaci yang terlibat dalam pertempuran terbunuh. Kaum kurcaci Erebor kemudian berpisah arah, ke Utara,  Timur dan Barat. Pada tahun 2941, Thorin II yang dikenal dengan julukan Oakenshield berusaha kembali merebut Erebor. Rombongannya terdiri dari Penyihir Gandalf, Hobbit Bilbo, dan 12 Kurcaci. Setelah menempuh perjalanan yang berat, mereka sampai di Lonely Mountain. Pada akhirnya, mereka berhasil mengusir Smaug dari gunung itu. Kejadian ini menjadi penyebab kematian Smaug dan Pertempuran Lima Pasukan, pertempuran yang terjadi antara Goblin dan Warg melawan Kurcaci, Manusia Dale, Elf, dan Elang.  Pada saat yang sama Lake-Town hampir musnah oleh api Smaug dan pertempuran berubah menjadi kekacauan. Berkat bantuan Beorn dan Elang Sakti Goblin berhasil dikalahkan.

Setelah itu, Dwalin salah seorang anggota rombongan Oakenshiel berusaha kembali merebut Moria. Tapi bersama rombongan Kurcaci yang dibawanya ia tewas terbunuh. Gimli, Putera dari sepupu Balin, menemukan makamnya. Dia merupakan Kurcaci yang memiliki peran penting dalam menghancurkan Cincin Utama.  Setelah Perang Cincin, Gimli memimpin sebagian besar dari Rakyat Durin menuju selatan untuk mendirikan kerajaan Kurcaci di Gua Gemerlap. Sebuah gua besar dihiasi keindahan sinar permata. Gimli dan temannya Legolas sering melakukan perjalanan bersama. Melalui pertemanan dan pengaruh mereka, dendam antara Elf dan Kurcaci berhasil terhapus. Gimli ikut bersama Legolas berlayar ke Barat menuju Valinor. Zaman Keempat,  Durin VII merebut kembali Moria dan membawanya kembali ke kejayaan lamanya. Para Kurcaci berdiam di sana hingga dunia menua dan hari-hari keturunan Durin berakhir.




Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers