Friday, February 20, 2015


Thorin Oakeshield merupakan pemimpin dari rombongan kurcaci yang pergi merebut kembali Pegunungan Sunyi dari jarahan Naga Smaug. Bilbo Baggins juga ikut dalam rombongan tersebut dan dalam perjalanan itulah dia memperoleh Cincin Utama. Erebor berhasil direbut tetapi Thorin tidak berhasil menjadi Raja di Bawah Gunung karena dia tewas pada Pertempuran Lima Pasukan.

Thorin lahir pada tahun 2746 zaman ketiga. Ayahnya bernama Thrain putera Thror. Thorin dan saudaranya Frerin serta adik perempuannya, Dis, lahir dan besar di Erebor dimana kakek mereka Thror menjadi raja dari kerajaan yang makmur tersebut. Setelah kejatuhan Erebor akibat serangan Smaug, keluarga Thorin dan kelompok kurcaci Erebor lainnya berkelana tak tentu arah selama bertahun-tahun. Untuk bertahan hidup, mereka melakukan pekerjaan kasar di desa-desa manusia seperti mematri atau menambang batu bara. Untuk waktu beberapa lama, mereka tinggal di Dunland.
Pada tahun 2790, kakek Thorin, Thror, pergi ke Moria untuk merebut kerajaan kuno kurcaci Khazad-dum dari Orc, tetapi dia dibunuh oleh pemimpin Orc, Azog. Ayah Thorin, Thrain, lalu mengumpulkan pasukan dan mengobarkan perang melawan Orc penghuni Pegunungan Berkabut.

Pada tahun 2799, Thorin ikut serta dalam pertempuran Azanulbizar. Pada pertempuran itulah dia mendapatkan gelar Oakenshield, perisai pohon oak, karena perisai pecah dan ia menggunakan dahan pohon oak sebagai gantinya. Thorin terluka dan saudaranya Frerin tewas dalam pertempuran itu, Pada akhir pertempuran, Orc berhasil dipukul mundur dari Moria. Akan tetapi, kurcaci Erebor tetap tidak bisa merebut Moria karena Balrog masih berdiam di dalamnya.

Thorin dan ayahnya kembali ke Dunland lalu pindah ke Eriador dan mendirikan kediaman di Pegunungan Biru tahun 2802. Di sana, kehidupan mereka mulai makmur, tetapi mereka hanya menambang besi dan sedikit emas.

Tahun 2841, Thrain dipenuhi hasrat untuk menemukan lebih banyak emas dan meninggalkan Eriador menuju Pegunungan Sunyi. Akan tetapi, dia tidak pernah kembali dari kepergiannya itu. Dia ditangkap oleh Sauron di Dol-Guldur. Gandalf menemukannya di sana dan dia memberikan pada Gandalf peta Pegunungan Sunyi dan kunci pintu rahasia untuk diserahkan kepada puteranya. Pada pertemuannya itu, Thrain lupa siapa namanya dan Gandalf juga tak kenal dia, oleh karena itu penyihir tersebut menyimpan peta itu selama bertahun-tahun.

Thorin tidak mengetahui apa yang telah menimpa ayahnya, meskipun Balin dan Dwalin mengatakan bahwa ayahnya menghilang. Thorin menjadi Raja Rakyat Durin dan diberi gelar Thorin II. Thorin seorang kurcaci kuat, giat, dan angkuh. Kaum kurcaci di pegunungan biru semakin bertambah banyak karena banyak kurcaci lain yang pindah ke sana, dan di bawah pimpinan Thorin mereka memperluas aula-aula mereka dan bekerja keras untuk menambah kekayaan.

Beberapa tahun berlalu, pikiran Thorin mulai dihantui oleh harta karun Erebor dan kemalangan-kemalangan yang telah menimpa keluarganya. Dia merasa dia berkewajiban untuk membalas dendam kepada Smaug, tapi dia tidak tahu bagaimana mewujudkannya. Thorin mendengar kabar mengenai Gandalf dan dia ingin meminta nasihatnya, meski dia belum pernah bertemu penyihir itu dan tidak tahu dimana akan menemukannya.

Pada 15 Maret 2941, Dalam perjalanan pulang, Thorin bertemu dengan Gandalf di Penginapan Kuda Berjingkrak Bree. Thorin berbicara dengan Gandalf dan mengundangnya ikut ke Pegunungan Biru dan Gandalfpun setuju. Gandalf juga ingin menyingkirkan Smaug dari Pegunungan Sunyi karena dia khawatir Sauron akan menggunakannya membuat kekacauan di utara untuk menyerang Rivendell dan Lothlorien.

Ide pertama Thorin ialah mengumpulkan pasukan untuk menyerang Pegunungan Sunyi dan memusnahkan Smaug, tetapi Gandalf mengatakan bahwa Thorin tidak memiliki pasukan sebanyak itu dan lebih baik perjalanan ke Erebor diadakan secara diam-diam dan rahasia. Gandalf juga menyarankannya agar mengikutsertakan seorang Hobbit bernama Bilbo Baggins sebagai anggota rombongan, karena Hobbit terkenal akan ketenangannya dan Smaug tidak kenal dengan bau tubuh Hobbit. Para Kurcaci beranggapan bahwa Bilbo merupakan seorang pencuri dan Gandalf mengiyakannya. Thorin tidak begitu senang dengan Hobbit dan dia sangat meragukan bahwa Hobbit bisa membantunya dalam perjalanan ini, namun pada akhirnya ia setuju bertemu dengan Bilbo.

Thorin mengumpulkan tiga belas kurcaci termasuk dirinya dan keponakannya Fili dan Kili, disertai Balin, Dwalin, Bifur, Bofur, Bombur, Oin, Gloin, Dori, Ori, dan Nori. Mereka pergi ke timur wilayah Pegunungan Biru menuju Shire. Di Hobbiton 26 April, mereka menemukan smial (rumah hobbit) yang disebut Bag End dengan tandai di pintu menunjukkan itu tempat kediaman Bilbo.

Thorin salah satu diantara kurcaci yang terakhir sampai di Bag End, dan Bilbo membuka pintu dengan tiba-tiba sehingga Thorin terjatuh bersama tiga kurcaci lainnya termasuk Bombur si gemuk yang menghimpitnya. Thorin menerima permintaan maaf Bilbo, namun dia tidak terkesan dengan pencuri pilihan Gandalf dan tingkah laku Bilbo selama malam itu tidak merubah pikiran Thorin.

Meski demikian, Thorin akhirnya setuju dengan misi rahasia. Gandalf menyerahkan peta dan kunci yang diserahkan Thrain dan dia memberitahu Thorin bahwa keinginan terakhir ayahnya ialah Thorin harus menggunakan peta dan kunci itu.

Thorin masih belum begitu yakin pentingnya mengikutsertakan Bilbo dalam rombongan. Thorin berdebat dengan Gandalf sepanjang malam setelah Bilbo tidur. Gandalf memberitahu Thorin perjalanan itu akan gagal jika Bilbo tidak ikut. Akhirnya, Thorin menyetujuinya setengah hati. Esok paginya, Thorin dan rombongan berkumpul di Naga Hijau di Bywater menunggu Bilbo yang sampai jam 11 dan memulai perjalanan mereka.

Di semak Troll pada akhir May, Thorin dan rombongan ditangkan oleh tiga Troll bernama Tom, Bert dan William. Thorin berusaha melawan mereka dan menusuk mata Bert dengan bara kayu, namu Troll itu menangkapnya. Gandalf menipu Troll itu dengan membuat mereka berdebat hingga fajar hingga mereka berubah jadi batu. Thorin memperoleh pedang dari lubang Troll. Ketika rombongan sampai di Rivendell, Elrond menyebut pedang itu Orcrist, pisau Goblin, ditempa oleh Peri Gondolin pada zaman pertama.

Thorin dan robongan ditangkap oleh Orc di Celah Tinggi Pegunungan Berkabut. Para Orc mengenali pedang Thorin sebagai Pisau Goblin, dan mereka sangat murka, namun Gandalf berhasil membunuh Raja Goblin dan para kurcaci berhasil kabur. Saat itu, Bilbo tersesat di bawah gunung dan ketika itu pula dia menemukan Cincin Utama dan berhadapan dengan Gollum.
Reactions:

1 comment:

Pengunjung Blog

Komentar Terbaru

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers