Thursday, October 16, 2014

Dalam hierarki malaikat Pseudo-Dionysian, Kerubim merupakan malaikat kedua tertinggi. Istilah Kerub yang memiliki makna “penuh dengan pengetahuan” diperkirakan berasal dari kata Akkadia “Karabu”, makhluk bersayap pelindung bangsa Assyria. Karabu memiliki tubuh seperti Sphinx atau lembu  dengan kepala manusia dan bertugas menjaga pintu masuk gedung dan bangunan. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai beberapa malaikat yang termasuk kedalam hierarki Kerubim.
1. Gamaliel
Dalam kitab-kitab yang ditemukan di Nag Hammadi dan beberapa kitab-kitab Gnostik lainnya. Gamaliel adalah salah satu Aeon yang namanya seringkali disebut untuk meminta berkah keagungan dan perlindungan diri. Bersama Abraxas dan Sablo, Gamaliel diberi tugas untuk membawa jiwa orang-orang terpilih menuju surga. Okultis Elpihas Levi mengatakan bahwa Gamaliel adalah musuh dari Kerubim yang berada di bawah perintah Lilith.
2. Haziel

Nama Haziel berasal dari bahasa Ibrani yang memiliki makna “Ilham Tuhan” dan kemungkinan diambil dari nama seorang tokoh dalam 1 Tawarikh 23:9 yang bernama Haziel. Haziel merupakan salah satu Kerubim yang memiliki tugas mengatur dan memberikan kasih sayang Tuhan kepada umat manusia. Selain itu, ia juga merupakan salah satu dari tujuh puluh dua Schemamphorae yang memiliki tugas membawa nama agung Tuhan.
3. Kerubiel

Merupakan pangeran Kerubim. Dalam kitab 3 Henokh dijelaskan bawah Kerubiel memiliki postur tubuh setinggi dan selebar tujuh lapis langit. Tubuhnya dipenuhi oleh batu bara yang menyala-nyala; ketika dia membuka mulutnya, batu bara tersebut meyala seperti obor api dan lidahnya juga merupakan lidah api. Seluruh wajahnya seperti nyala api yang membara dengan matanya yang terang gemerlap dan bulu mata seperti kilat. Nama suci YHWH diukir diatas mahkotanya yang terbuat dari cahaya kilat. Keagungan Shekinah berada di wajahnya dan busur Shekinah juga terkalung di bahunya. Kilat dan guntur menyambar-nyambar dari wajah dan tubuhnya. Kemanapun Kerubiel pergi, gempa dan guntur mengikutinya. Ketika ia marah bumi akan bergoncang. Kerubiel memiliki pelayan dua malaikat penarik keretanya; salah satunya adalah Sarbiel. Kerubiel memiliki tugas mengurus para Kerubim. Dia menyanyikan pujian mereka, menerangi mahkota mereka, dan menyiapkan tahta agung yang akan diberikan kepada tiap-tiap Kerubim.
4. Uzziel

Salah satu malaikat yang termasuk kedalam anggota Kerubim. Uzziel bermakna “kekuatan Tuhan”. dalam kitan 3 Henokh dikatakan bahwa Uzziel adalah Malaikat Pengampunan yang berada di bawah perintah Metatron. Dalam Sefer Raziel, Uzziel merupakan salah satu dari tujuh malaikat yang berdiri di hadapan Tahta Agung Ilahi dan salah satu dari sembilan malaikat yang mengatur empat arah angin.
5. Sachiel

Sachiel memiliki nama yang memiliki makna “Selubung Ilahi” dan merupakan malaikat termasuk ke dalam tingkatan Kerubim. Sachiel bertempat tinggal di langit tingkat pertama, beberapa sumber lain juga mengatakan dia bertempat tinggal di langit tingkat ke enam. Sachiel ialah malaikat yang bertugas mengatur hari Sabtu, Selasa, dan Jumat. Dalam praktik okultisme, ia dipanggil dari arah selatan dan barat. Selain itu, ia juga merupakan ruh gaib penjaga planet Jupiter. Dalam legenda goetia, Sachiel merupakan malaikat pelayan empat Pangeran penjaga alam neraka.
6. Zaphkiel

Nama Zaphkiel memiliki nama yang bermakna “Pengetahuan Ilahi” dan merupakan salah saru dari sembilan malaikat penjaga surga. Zaphkiel bertugas menjaga planet Saturnus bersama Iophiel dan Orifiel. Zaphkiel juga merupakan pemimpin para Kerubim.
7. Zephon
Zephon memiliki nama yang memiliki makna “Penjaga” dan merupakan Pangeran pelindung Firdaus dan sephirot keenam dari Pohon kehidupan. Pada saat kejatuhan Lucifer di perang di surga, Zephon, bersama dengan Ithuriel, diutus oleh Gabriel untuk memburu dan menemukan setan. Mereka menemukan “raja licik itu” di Taman Eden menggoda Hawa untuk melanggar perintah Tuhan memakan buah Pohon Pengetahuan.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

Komentar Terbaru

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers