Wednesday, March 30, 2011


SEJARAH PERKEMBANGAN BAHASA INGGRIS
                Bahasa inggris adalah bahasa jermanik barat yang berasal dari inggris merupakan kombinasi antara beberapa dialek local yang dipakai oleh orang orang norwegia, Denmark, dan Anglo Saxon dari abad VI sampai abad X. bahasa inggris termasuk rumpun bahasa jermanik terutama dari cabang jermanik barat. Bahasa kerabatnya adalah bahasa Friesland, bahasa belanda, bahasa jermanik hilir. Akan tetapi darii semua bahasa jermanik, bahasa ingris adalah bahasa yang paling lain secara tata bahasa dan kosakata karena banyak dipengaruhi oleh bahasa perancis.
          Bahasa ingris dituturkan sebagai bahasa pertama di AS, Antigua, dan Barbuda, Auatralia, Bahama, Barbados, Britaniaraya, Guyana, Kanada juga banyak dituturkan di Eropa Barat, Amerika utara, dan Australasia dengan jumlah penutur sebanyak lebih kurang 1002 juta jiwa. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan bahasa asing yang dipelajari di dunia. Bahasa Inggris bias berkembang karena pengaruh politik dan imperialism Inggris di dunia.
          Tata bahasa inggris memiliki variasi dalam struktur dan penggunaannya tergantung pada tradisi yang digunakan oleh suatu negara yang dipengaruhi oleh bahasa asli negara tersebut. Secara umum tata bahasa yang dipedomani adalah tata bahasa inggris amerika (American Engglish) dan tata bahasa inggris britaniaraya (british English)
          Sejarah bahasa inggris dimulai dari lahirnya bahasa inggris di pulau britania raya 1500 tahun yang lalu berasal dari bhasa jermanik barat dengan dialek-dialeg anglo frisia yang dibawa kepulau britania oleh imigran jermanik dari beberapa bagian barat laut daerah belanda dan jerman.
          Pada mulanya bahasa inggris kuno ialah sekelompok dialek yang mencerminkan asal usul beragam kerajaan anglo saxon di britania raya. Lalu bahasa inggris kuno yang asli dipengaruhi oleh 2 gelombang invansi :
Invansi l : invansi dari penutur bahasacabang bahasa skandinavia keluarga bahasa jerman. Mereka menaklukkan britania pada abad VII dan IX
Invansi II: invansi suku norman pda abad XI yang menuturkan sebuah dialek bahasa perancis.

TAHAP PERKEMBANGAN BAHASA INGGRIS
1. bahasa inggris kuno ( proto English)
          Suku suku bangsa jermanik yang mempelopori bahsa inggris ( Anglia, Saxon, Frisia, Jute, dan Frank) berdagang dan berperang dengan kekaisaran Romawi yang menuturkan bahasa Latin dalam proses invasi bangsa jermanik ke Eropa dari timur. Dengan itu banyak kata kata bahasa Latin yang masuk  ke kosakata bahasa bangsa bangsa ini sebelum mencapai Britania Raya. Menurut Anglo Saxon Chronicle sekitar tahun 449 Vortigern raja kepulauan britania mengundann Anglekni( suku Anglia yang dipimpin oleh Hengest dan Horsa) untuk membantunya dalam penanganan konflik dengan suku Pict. Sebagai imbalan suku Anglia diberi tanah disebelah tenggata britania. Selanutnya datanglah bangsa bangsa Ald Seaxum dan Anglium ( bangsa Saxon, suku Anglia, dan Jute) para pendatang ini mendirikan 7 kerajaan disebut dengan heptarchy. Para ahli mengatakan sebagian besar cerita ini merupakan legenda dan memiliki motif politik.

2. bahasa inggris kuno ( Anglo-Saxon)
     Merupakan bentuk awal dari bahasa inggris yang digunakan di inggris dan Skotlandia bagian selatan antara pertengahan abad V sampai abad VIII. Para pendatang yang menginvansi pulau Britania mendominasi penduduk setempst yang menuturkan dialek bahasa Keltik. Dialek dialek yang dituturkan para pendatang ini disebut dengan bahasa inggris kuno ( Anglo-Saxon) merupakan cabang dari dialek Norwegia kuno. Para pendatang yang bermukim lebih awal menuturkan bahasa jermanik dari cabang yang berbeda. Banyak dari akar kosakata mereka memang sama meska tatabahasanya berbeda termasuk prefix, suffix, dan hukum infleksi dari kata kata tersebut.
    Bahasa jermanik dari orang orang britania yang berbahasa inggris kuno ini terpengaruhi oleh orang Norwegia yang menginvansi Britania. Masa bahasa ingris kuno berakhir dengan penaklukan Norman yang menuturkan dialek bahasa perancis. Bahasa Anglo-Saxon merujuk pada bahasa Inggris awal yang muncul selama pemerinyahan Elizabeth I.
   contoh dari bahasa inggris periode ini adalah:

3.  bahasa inggris pertengahan
     Selama 300 tahun setelah invansi kaum norman. Golongan bangsawan britania menuturkan bahasa perancis dialek norman. Sementara itu bahasa Anglo-Saxon berlanjut sebagai bahasa rakyat. Salah satu perubahan bahasa inggris pertengahan adalah pemakaian continuous tense dengan suffix –ing. Pada periode ini ejaan bahasa inggris banyak dipengaruhi oleh bahasa perancis. Selama abad XV bahasa inggris berubah lebih lanjut lagi yang dlkenal dengan the great vowel shift ( pergeseran vokal besar) dan dimulai dengan penyebaran dialek london.
   contoh dari bahasa inggris periode ini adalah:
4. bahasa inggris modern
     Mulai abad XV bahasa inggris berubah menjadi bahasa inggris modern yang banyak mengambil kata kat serapan dari bahsa asingf terutama bahasa latin ban yunani. Karena banyak kata kata yamg dipinjam dari bahasa yang berbeda beda ejaan bahasa inggris menjadi tidak konsisten sehingga sering terjadi kesalahan dalam pelafazan kata kata.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers