Tuesday, March 3, 2015


Rohan merupakan kerajaan tempat tinggal Rohirrim—suku Manusia yang terkenal akan kegemaran mereka akan kuda. Wilayah ini dulunya merupakan bagian dari kerajaan Gondor, tapi diberikan kepada Rohirrim ketika Eorl Si Muda membawa mereka dari Utara untuk membantu Gondor bertarung melawan invasi musuh. Rohan tetap menjadi sekutu Gondor yang kuat, dam semasa Perang Cincin Rohirrim pergi ke medan pertempuran untuk membantu Gondor pada Pertempuran Padang Pelennor.
Wilayah Rohan terdiri dari sebagian besar padang rumput, cocok sekali untuk mengembang biakkan kuda. Wilayah itu membentang sepanjang 300 mil dari utara ke selatan dan 300 mil dari timur ke barat. Sebelah utara, Rohan berbatasan dengan Sungai Limlight, dan Pegunungan Putih di sepanjang perbatasan selatan. Sebelahn timur, Rohan berbatasan dengan Emyn Muil sementara itu ke wilayah barat daya Rohan berbatsan dengan Mulut Entwash dan Sungai Mering yang sekaligus merupakan perbatasan Gondor dan Rohan. Di sebelah barat Rohan membentang Hutan Fangorn dan Celah Rohan di ujung Pegunungan Berkabut. Isengart berdiri di sebelah Utara Celah dan Helm Deep menjadi benteng pertahanan di wilayah selatan.
Sebagian wilayah Rohan berada di bagian barat Celah Rohan, berbatasan dengan Sungai Isen dan Adorn. Wilayah ini disebut dengan west-march. Dalam perjalana sejarah Rohan, west-march dihuni oleh Manusia Dunland atau manusia yang merupakan kerabat dekat mereka.
Sungai Entwash mengalir dari Hutan Fangorn ke Anduin dan membelah dua padang Rohan disebut dengan Eastemnet dan Westemnet. Sebagian besar kawanan kuda merumput di padang yang hijau ini, mereka dijaga oleh para pengembala yang berkemah di sana selama sepuluh tahun. Di Westemnet dekat Entwash terdapat banyak rawa dan telaga, dan ditempat ini rumput tumbuh subur hingga selutut para penunggang kuda. Tanah di Eastemnet lebih keras, dan sebagian besar penduduk utara menggunakan tempat ini sebagai jalan utama.
Sebagian besar penduduk Rohan tinggal di wilayah Selatan, di daratan hutan subur dan lembah dalam Pegunungan Putih. Ibu kota Rohan berada di Edoras, dimana Raja Rohan tinggal di Istananya, Aula Emas Meduseld, berdiri di sebuah bukit di hadapan lembah Harrowdale. Di Harrowdale terdapat dua desa kecil yanitu Underharrow dan Upbourn. Benteng Dunharrow berdiri tegak di sebelah timur lembah. Di gunung belakang Dunharrow terdapat pintu masuk menuju Jalur Orang Mati. Sungai Snowborun mengalir dari Harrowdale bermuara ke Entwash.
Di barat Snowbourn berada wilayah Westfold, yang merupaka kediaman banyak para penunggan kuda. Benteng Helm Deep berada di Westfolfd tepatnya dilembah Deeping-coomb di dekat Celah Rohan. Banyak orang pergi mengunjungi wilayah utara Westfold dekat Isengard dan Fangorn.
Di timur Snowbourn berada wilayah kecil Folde. Folde merupakan pusat kerajaan Rohan karena Raja dan bangsawan kerajaan  tinggal di sana. Edoras berada di Folde, dan Aldburg merupakan kediaman bangsawan Rohan kerabat Raja juga berada di Folde.
Wilayah Eastfold berada di antara Folde dan Fenmarch. Fenmarch merupakan daerah berawa di sepanjang Sungai Merring perbatasan Rohan dan Gondor. Sebgian hutan Firien memanjang dari Sungai Merring ke Rohan. Sebagian besar hutan itu berada di wilayah Gondor, namun seiring waktu Hutan Firien menjadi kepunyaan Rohan.
Jalan Besar Barat membentang ke arah barat di sepanjang Pegunungan Putih dari Gondor ke Celah Rohan, di sana ia terhubung dengan Jalan Utara-Selatan menuju Eriador. Jalan itu juga melewati Snowbourn di depan gerbang Edoras.
Untuk tujuan militer, Rohan dibagi dua menjadi West-mark dan Esat-mark. Sungai Entwash dan Snowbourn menjadi pembatas dua wilayah ini. Terdapat tiga Panglima Mark yang memimpin pasukan militer Rohan. Panglima Pertama memimpin Para Penunggan Edoras dan wilayah sekitarnya termasuk Harrowdale. Panglima Kedua memimpin East-Mark atau West-Mark tergantung wilayah mana yang membutuhkan. Panglima ketiga memimpin sisa wilayah lainnya. Setelah Perang Cincin, Raja Eomer menghapuskan tingkatan ini dan menggantinya dengan dua Panglima: Panglima East-mark dan Panglima West-mark
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung Blog

Komentar Terbaru

My Blog Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Advertisement

Translate

Popular Posts

Visitors

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Google Followers